Pemerintah Kabupaten Blitar terus berupaya meningkatkan kapasitas masyarakat. Salah satunya agar lebih siap siaga untuk menghadapi kerawanan dan risiko bencana melalui program Kampung Siaga Bencana (KSB).

                Program ini  melibatkan para relawan dari Desa Serag dan Desa sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar.  Pembekalan Kampung Siaga dilaksanakan di Pendopo Dusun serang satu pada 4-5 November 2021.

                Pelatihan tersebut melibatkan BPBD, Dinas Sosial, Tagana, Babinsa, Babinkamtinmas dan dan tokoh masyarakat Desa.  

                Dalam kegiatan ini akan diberikan materi terkait bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap bencana. Pembekalan teknis dan pelatihan relawan menurut Romelan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM , “kegiatan yang sangat penting. Sebab hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan solf skill dan hard skill bagi peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota KSB”.

                “Harapannya seluruh anggota KSB yang telah dibentuk dapat memberikan kontribusi. Selain itu sinergi dari berbagai instansi mulai perangkat desa ataupun muspika  bisa  membantu masyarakat,” jelas Romelan.

                “Kegiatan yang kita lakukan hari ini semoga bisa bermanfaat bagi orang lain, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat berguna untuk sesama ” pungkasnya.

                Sementara itu, Kepala Desa Serang Dwi Handoko, menyampaikan bahwa Pemerintah desa sangat mendukung permbekalan dan pelatihan ini. “Semoga pelatihan yang  dilakukan dua hari ini menambah wawasan dalam menanggulangi bencanaan,” tambahnya. (DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here