Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut UMKM adalah kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok. Perbedaannya dengan usaha besar terletak dari jumlah kekayaan pelaku usaha dan hasil penjualan berkala.

            Seperti yang dilakukan Nila Ayu Winata warga Dusun Serang Dua, RT 03 RW  03, Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Ia membuat usaha dua jenis camilan yang berbahan baku dari pisang, Keripik Pisang dan Sale Pisang.

            “Bahan dasar pembuatan keripik adalah pisang Raja Nangka, karena memiliki rasa lebih gurih dan renyah sedangkan untuk Sale hanya menggunakan pisang Kapasari.  Semua bahan pisang kami dapatkan dari wilayah setempat,” ungkap Nila, kepada redaksi Media Serang.

            Membuka peluang usaha sendiri memang tidak mudah. Dibutuhkan keuletan, ketelatenan dan kerja keras. Upaya tersebut dilakukan guna terciptanya lapangan pekerjaan. Memang tidak mudah, untuk lebih memiliki daya saing dan daya jual sebuah produk, Nila membuat produknya dengan pengemasan yang menarik agar pembeli tertarik.

            Berbicara mengenai pisang, tentu sebagian masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi. Apabila di produksi menjadi camilan, akan menghasilkan rasa manis dan renyah yang alami. Kini, produk pisang tersebut menjadi jajanan atau  oleh-oleh khas dari Desa Serang. Dan apabila pembaca berkunjung ke pantai Serang, akan menemui produk tersebut tersebar di seluruh stand yang ada di Pantai Serang.

Menurut Nila, produksinya dikenal dengan rasa manis renyah. Usaha ini dirintis dari tahun 2016 yang lalu. Idenya berawal dari melihat kondisi wilayah setempat yang begitu melimpah dengan tanaman pisang. Di Desa Serang memang belum ada produksi keripik sale pisang, hal itulah yang mendorongnya menjalankan usaha ini.

            Dalam hal pemasaran, wanita berkulit putih ini selain di wilayah lokal juga di pasarkan didaerah Tulungagung, Kediri hingga Surabaya.  Dimasa pandemi saat ini pemasaran tetap lancar, tetapi mengalami penurunan dari pemesanan.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here