Jumat, 19 Februari 2021, Pemerintah Desa Serang melaksanakan Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 tingkat desa serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM mikro).

                Dalam kegiatan ini bertempat di Pendopo Kantor Desa dan diikuti seluruh perangkat desa, Satgas Covid-19 serta Badan Permusyawaratan Desa.

                Dwi Handoko, Kepala Desa Serang sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Desa Serang menyampaikan, kebijakan  baru yang sudah disepakati seluruh anggota rakor, terkait dengan peraturan tentang PPKM mikro, yaitu hingga tingkat RT/RW untuk pengendalian Covid-19. Dengan adanya rakor ini diharapkan, penerapan protokol kesehatan bisa terpantau dengan baik, agar masyarakat  terhindar dari Covid-19 dikemudian hari.

                Ada beberapa indikator dalam penerapan PPKM mikro, yakni adanya tingkatan-tingkatan tertentu yang dibagi perzona, Zona Hijau, Kuning, Orange, Merah. Dalam Zona tersebut perlu adanya penanganan khusus yang harus dilakukan satgas Covid-19 ditingkat desa maupun tingkat RT.

                Strategi untuk meminimalisir wabah Covid di  Desa Serang, melakukan sosialisasi untuk warga mulai tingkat desa hingga RT. Serta penerapan protokol kesehatan dan penyiapan logistik, alat-alat kelengkapan sosialisasi.

                Dalam pelaksananya anggaran dari Dana Desa (DD), yang sesui dengan Permendagri terbaru, bahwa didalamanya ada refokusing pada APBDes minimal 8 persen dari DD untuk penanganan Covid-19.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here