Rabu, 9 September 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) menyalurkan Bansosda (Bantuan Sosial Daerah) Kabupaten Blitar tahap ketiga. Bantuan ini diperuntukan kepada masyarakat terdampak wabah Covid-19 di Desa Serang .

Di kesempatan kali ini penyaluran bertempat di Pendopo Desa, mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Yang dihadiri 267 Kepala Keluarga dari tiga dusun yang ada di Desa Serang, mulai dari Dusun Serang Satu, Serang Dua dan Serang Tiga.

Dengan jumlah 337 bantuan yang akan di salurkan. Namun, hanya 267 yang sudah tersalurkan, sedangkan 70 bantuan belum tersalurkan, dikarenakan 11 orang belum mengambil dan 59 calon penerima masih dalam proses pendataan. Hal ini terjadi, ada beberapa penerima yang dialihkan, dari yang mampu ke kurang mampu, serta calon penerima yang sudah meninggal.

Direncankan paling lambat Jumat, 11 September 2020, penyaluran sudah selesai, sebab bantuan berisi bahan kebutuhan pokok yang tidak bisa bertahan lama antara lain, Beras, Sambel Pecel, Telur, Kopi, Teh, coklat dan masker.

Penyaluran periode ini lebih banyak, karena ada beberapa kategori Bansosda, mulai dari pariwisata bagi pelaku usaha di kawasan Pantai Serang dan masyarakat yang terdampak Covid-19, yang sebelumnya pembagian tidak bersamaan.
“Walaupun kegiatan pariwisata sudah aktif, namun masih musim pandemi pelaku usaha masih di perhatikan oleh Pemerintah Daerah untuk membantu ekonomi bagi pelaku usaha Pantai Serang,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang.

Meski tahap ketiga sudah tersalurkan, namun Pemdes Serang belum mengetahui apakah ada masa perpanjangan Bansosda untuk periode selanjutnya.

Sugeng, salah satu warga yang mendapat bantuan berharap, dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat serta dapat meringankan beban ekonomi di tengah wabah Covid-19. Beliau berharap Virus Corona segera hilang dari negeri ini, agar semua bisa kembali seperti sedia kala.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here