Penyusunan APBDes tahun 2021 di Aula Kantor Desa Serang pada 31 Desember 2020.

Kamis, 31 Desember 2020, Pemerintah Desa Serang bersama Badan Permusyawatan Desa (BPD) melaksanakan musyawarah desa. Dalam rangka penyusunan  Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau yang lebih familiar didengar dengan istilah APBDes tahun 2021.

                APBDes merupakan pertanggungjawaban dari pemegang manajemen desa, untuk memberikan informasi tentang segala aktivitas dan kegiatan desa kepada masyarakat. Termasuk pula, pengelolaan Dana Desa dan pelaksanaan berupa rencana-rencana program yang dibiayai dengan uang desa. Dalam APBDesa berisi pendapatan, belanja dan pembiayaan desa.

                Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa, jajaran Anggota BPD, Ketua PKK, Ketua RT, Ketua RW dan kelembagaan desa yang ada di Desa Serang. Dilaksanakan di Aula desa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

                APBDes 2021, berpedoman kepada peraturan menteri desa nomor 13 tahun 2020. Dalam masa pandemi ada skala prioritas yang harus di programkan di tahun ini, salah satunya penguatan ekonomi desa dengan adanya Bantuan Langsung Tunai dari Dana  Desa (BLT-DD) selama dua belas bulan, serta program Padat Karya Tunai Desa.

                Meskipun  BLT-DD berlanjut hingga tahun 2021 dengan nominal Rp.300 ribu, namun ada pengurangan jumlah Keluaga Penerima Manfaat (KPM). Dengan kriteria keluarga tidak mampu usia produktif dan sakit menaun.

                Didalam pembangunan suatu wilayah bukan hanya melakukan program yang bergerak dibidang pembanguan non fisik, tetapi juga bergerak dibidang pembangunan fisik. “Pembangunan yang bersifat fisik harus betul-betul ada tujuan dan sasaran jelas untuk penguatan ekonomi desa,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang kepada Media Serang.

                Ada tiga tempat yang akan dianggarkan dalam fisik, pembangunan rabat jalan di Dukuh Grontol, Desun Serang Dua. Membuat saluran irigasi untuk pertanian yang berada di persawahan Dusun Serang Satu, guna terwujudnya program ketahanan pangan. Menyempurnakan  jalan antar desa, antara kali klatak dan kali gambir yang terletak di Dukuh Kedungbiru, Dusun Serang tiga.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here