Penyuluhan PTSL pada Kamis, 4 Februari 2021, di Pendopo Kantor Desa Serang.

                Kamis, 4 Februari 2021, Pemerintah Desa Serang menyelenggarakan penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).  Kegiatan ditujukan kepada ketua RT, RW dan Perangkat Desa.

                Dalam Kesempatan Kali ini juga dihadiri, Badan Pertanahan Nasional  Kabupaten Blitar, Kejaksaan Negeri Blitar, Polres Blitar, Pemerintah Daerah bagian Pemerintahan, Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

                PTSL, merupakan program dari Presiden Ir. H. Joko Widodo, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Desa Serang menjadi salah satu dari tujuh belas desa di Kabupaten Blitar yang menerima program ini.

                Mulai tahun 2020 PTSL sudah berjalan di Desa Serang, namun dengan adanya Covid-19, kegiatan sempat terhenti dan mulai kembali normal tahun 2021. Pelaksanaan program PTSL mendapat apresiasi baik dari masyarakat. Terbukti dari jumlah kuota yang diberikan dua ribu bidang tanah, saat ini sudah ada seribu enam ratus bidang tanah yang sudah terdaftar, sisanya akan berlanjut pada Tahun Anggaran 2021.

                Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengerti kegunaan sertifikat, sehingga segera mendaftarkan diri untuk program PTSL.

                Sesuai dengan SKB 3 Menteri untuk wilayah Jawa dan Bali, biaya sebesar seratus lima puluh ribu setiap satu bidang tanah, dalam anggaran tersebut  untuk menyiapkan Dokumen, pengadaan Patok dan Materai serta operasional petugas desa.

                Apa saja yang menjadi persyaratan pengajuan PTSL? “Yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK),  Surat tanah (berbentuk Letter C, AJB, Akta Hibah, atau berita acara kesaksian, dan lainnya). Untuk proses dapat ditindaklanjuti antara lain, jual beli, hibah, waris, dan juga tanah wakaf,“ tutur Suprianto, Waka Yuridis Panitia Ajudikasi PTSL BPN Kabupaten Blitar.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here