Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar menyerahkan 572 sertifikat tanah untuk warga Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar di Aula kantor desa, pada Kamis, 30 September 2021.

            Sertifikat tanah tersebut merupakan bagian dari 1800 bidang tanah yang masuk dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2020.

            Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan membagi jadwal menjadi beberapa tahap, memakai masker serta mengatur jarak antar peserta.

            Kepala Desa Serang Dwi Handoko, mengungkapkan “Tahun ini ada sebanyak 1800 bidang tanah yang terdaftar dalam program PTSL. Pembagian kita lakukan secara bertahap, tahap satu sebanyak 572 bidang dan sisanya akan dibagikan satu atau dua bulan berikutnya,” jelasnya.

            Salah satu petugas pelaksana kegiatan PTSL dari Desa Yeni Nurida, menjelaskan, program PTSL ini dilaksanakan sebagai proses pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua objek pendaftaran tanah di dalam suatu wilayah desa/kelurahan.

            “Kita lakukan pengukuran luas bidang tanah dengan sasaran semua tanah yang ada di desa untuk dibuatkan sertifikat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki secara adil dan merata,”ujar Yeni.

            Dijelaskan, untuk melaksanakan program ini pihaknya telah memulai pendaftaran sejak 2019, dikarenakan ada pandemi covid-19 pelaksanaan menjadi terganggu dan dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun ini.

            Dengan adanya PTSL ini diharapkan seluruh bidang tanah dalam satu desa terdaftarkan dan lebih jelas kepemilikanya. (DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here