Usai melaksanakan Bimbingan Teknis SDGs (Suistanable Development Goals)  pada 5 April 2021, Pemerintah Desa Serang kembali menggelar rapat koordinasi mengenai hambatan yang dihadapi petugas pada saat mendata dilapangan.

                Dalam kesempatan ini kegiatan dilaksanakan diaula Kantor Desa Serang didampingi  oleh Pendamping Desa Kecamatan Panggungrejo dan Kasi Pemerintahan. Relawan mengonsultasikan hasil dari pengisian data melalui aplikasi SDGs dengan pendamping, Rabu, 14 April 2021.

                Pendataan SDGs Desa, diawali dari survei RT untuk mengidentifikasi jumlah penduduk diwilayah RT, kemudian survei KK untuk mendata kepala keluarga mulai dari penghasilan, kondisi kesejahteraan hingga akses kesehatan. Sedangkan untuk survei individu, mendata kearah pribadi, mulai pekerjaan masyarakat, disabilitas serta pendidikan ditingkat desa juga dapat diketahui melalui data masuk oleh petugas.

                “Hingga saat ini sudah mencapai 60% hasil dari pendataan petugas. Namun terkendala dengan akses lalu lintas data yang terlalu padat hingga menghambat proses upload data di aplikasi. Meski demikian saya berharap pendataan SDGs bisa berjalan lancar hingga selesai tepat waktu pada, akhir April mendatang,” ungkap Yeni Nurida, Kasi Pemerintahan.

                Dimasa pandemi memang tidaklah mudah, karena itu penggunaan dana desa diprioritaskan untuk membiayai pendataan SDGs. Perlu diketahui, ada 18 SDGs Desa yang sudah ditetapkan Pemerintah antara lain; Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Kerlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi, Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan.

                Lebih lanjut, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Ekonomi Desa Sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Desa Kawasan Pemukinan, Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi, Desa Sadar Lingkungan, Desa Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat, Desa Damai Berkeadilan, Kemitraan untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here