Sosialisasi Salam Sak Jangkah pada Kamis 17 Juni 2021

            Kamis 17 Juni 2021, Dinas Pendidikan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Pemerintah Desa Serang melaksanakan kegiatan  sosialisasi Salam Sak Jangkah yaitu pelayaran  masyarakat dibidadang administrasi  kependudukan.

            Dalam kesempatan ini dihadiri dari, Dispendukcapil , Perangkat Desa, BPD , RT, RW, PKK, Posyandu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Oraganisasi pemuda.

            Guna mempercepat layanan dan memangkas antrean Dispendukcapil, meluncurkan program cetak dokumen adminduk dari rumah. Masyarakat juga bisa mengakses pelayanan melalui online menggunakan aplikasi E-Siap, warga cukup mengisi data diri melalui aplikasi tersebut  melengkapi persyaratan persyaratan kemudian diupload dan nanti hasilnya akan dikirim melalui email masing-masing pemohon. Namun untuk pembuatan KTP tidak bisa melalui aplikasi E-siap, tetapi bisa langsung ke kantor desa ataupun pada kegiatan drive true yaitu pelayanan adminduk secara keliling.

            “Dengan pelayanan ini masyarakat dirasa lebih mudah untuk mengurus administrasi kependudukan, yang sebelumnya mengurus semua administrasi kependudukan harus di lakukan di kantor Dispendukcapil, sikap tentang kekurangan persyaratan harus kembalijika terdapat kekurangan persyaratan harus kembali ke desanya masing-masing itu terasa berat,  dikarenakan jarak yang begitu jauh dan kini bisa dilakukan di kantor desa,” Ungkap Adi Sulaksono, selaku narasumber bimtek.

            Lebih lanjut Adi menegaskan, perlu digarisbawahi poin pertama, semua pelayanan adminduk gratis. Kedua Desa Serang  sudah melaksanakan PKS dengan dukcapil jadi penyerahan dokumen  Adminduk cukup di kantor desa, Ketiga pelayanan melalui Online menjadi satu kemudahan dengan inovasi pelayanan, ketika nanti terjadi kehilangan dokumen maka masyarakat selaku pemohon tidak perlu lagi laporan kehilangan ke kepolisian jika KK dan akta nya hilang. Dan tidak perlu melakukan pelaporan dan cetak ulang ke kantor Dispendukcapil. Masyarakat tinggal membuka email dengan PIN yang hanya diketahui oleh masing-masing pemohon. (DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here