Pelatihan Manajemen Tata Kelola Pariwisata bertempat di Omah Segoro pada Selasa, 16, Februari 2021.

                Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), memang menjadi peran penting untuk menunjang pelaksanaan kegiatan. Kapasitas SDM berorientasi pada kemampuan seseorang yang akan menentukan keberhasilan dalam menjalankan pekerjaan. Pengelolaan wisata tentunya harus didukung dengan SDM yang unggul guna terciptanya Pariwisata maju.

                Selasa, 16 Februari 2021, BUMDes Serang melaksanakan Pelatihan Manajemen Tata Kelola Pariwisata bertempat di Omah Segoro, kawasan wisata Pantai Serang. Dihadiri oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar, dan seluruh stakeholder pengelola Pantai Serang. Mulai dari Pengurus BUMDes Desa Serang, Petugas dan Operator Wisata Pantai Serang. Tidak lupa Perangkat Desa juga mengikuti.

                Dengan berkembangnya akses menuju tempat wisata khususnya dikawasan pesisir yakni, Jalur Lintas Selatan (JLS) diharapkan pengelola wisata di Pantai Serang mampu bersaing dengan daerah lain yang sejalur dengan JLS.

                “Ada 2 tantangan yang terjadi saat ini, tantangan internal dan eksternal. Tantangan Eksternal yaitu dibukanya destinasi wisata baru terutama Pantai sepanjang JLS, sedangkan Internal bahwa kapasitas SDM yang ada perlu di tingkatan,” ungkap Arkham Maulana, Kasi Pengembangan Kelembagaan Dinas Pariwisata Kabupaten Blitar.

                Usai dilakukanya kegiatan tersebut, pengelola wisata mampu bersatu dan kompak secara kelembagaan, dimana maju bersama-sama untuk penataan wisata Pantai berbasis komunitas masyarakat. Sehingga Pantai Serang menjadi pemicu untuk lebih sejahtera.

                Diharapkan seluruh stakeholder yang berkecimpung di Pantai Serang harus solid dan terus belajar me-manajemen serta bertanggung jawab, dimana secara bersama-sama memikirkan wisata, sehingga Pantai Serang bisa menjadi tempat kunjungan yang nyaman dan indah untuk wisatawan.

                Wisata Pantai Serang sesungguhnya sudah memiliki keunggulan. Salah satu terobosan yang menjadi keunggulan adalah kegiatan rutin setiap tahun yaitu, Serang Culture Festival. Yang merupakan sebuah event sosial budaya, didalamnya berupa Festival Patung Pasir, Layang-layang, Musik Kroncong, Musik Jaz, Festival Barong dan Fishing Festival. Dari event tersebut, mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan agar berkunjung di Pantai Serang.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here