Sosialisasi protokol kesehatan dan jasa usaha pariwisata yang ditujukan kepada pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Serang pada Rabu, 2 Desember 2020.

                Rabu, 2 Desember 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Serang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Parbudpora) Kabupaten Blitar, menyelenggarakan sosialisasi  protokol kesehatan dan jasa usaha pariwisata yang ditujukan kepada pelaku usaha di kawasan wisata Pantai.

                Dalam kesempatan ini, dihadiri oleh Dinas Parbudpora, Dinas Kesehatan (Dinkes), Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Blitar, Tim aktif penggerak jasa pariwisata Blitar raya, serta di dampingi oleh Muspika Panggungrejo dan Pemdes Serang.

                Di masa adaptasi kebiasaan baru, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat melaksakan kegiatan jual beli antara lain; Wajib mentaati protokol kesehatan covid-19 selama berjualan (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, memastikan semua produk bersih dan sehat). Memasang tirai pembatas dikasir atau memakai face shield. Mengatur jarak antrian,  tempat duduk. Mengupayakan peralatan makan habis pakai. Menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Menjaga kebersihan peralatan produksi makanan, meja, kursi serta lingkungan tempat usaha.

                 Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu materi di sosialisasi kali ini, guna meningkatkan SDM khususnya pelaku usaha kuliner, artinya peningkatan pelayanan, rasa dan kwalitas. “Kami berharap, teman-teman pemilik warung jangan bosan-bosan terus meningkatkan kreasi,  inovasi,” papar Eko Wihadi, menager Kampug Wisata Ekologis Puspa Jagat.

                Di era digital, peningkatan potensi wisata juga tak lepas dari dunia digitalisasi yang berbasis modernisasi dengan konsep mengakomodir semua kebutuhan masyarakat. Melalui aplikasi Sasuka yaitu, aplikasi hasil karya anak bangsa yang bergerak khususnya di bidang transportasi online dan jasa lainnya.  Dengan wujud promosi melalui market place bahkan transaksi, semua akan di digitalisasikan.

                Bagaimana cara mendapatkan aplikasi Sasuka? Tentu caranya sangat mudah dan gratis, yaitu download melalui Google Play Store, selanjutnya akan diberikan kode refferal khusus,  oleh tim aktif penggerak jasa pariwisata Blitar raya.

                Pengenalan era digital di dunia pariwisata, harapannya masyarakat bisa mengenal teknologi serta menerapkannya, dengan kebiasaan yang lebih tentu akan meningkatkan pendapatan perekonomian baik dari dasar masyarakat hingga tingkat nasiaonal. Tentunya juga mendukung program pemerintah untuk mengurangi peredaran uang tunai di masa pandemi covid-19

                “Untuk pelaku usaha di Pantai Serang, yang harus ditingkatkan adalah siapkan SDM dan pola pikir harus lebih maju, menyiapkan diri di era digitalisasi, karena inilah saatnya kita maju bersama  agar dapat bangkit dari pandemi covid-19. GO WISATA NASIONAL BAHKAN INTERNASIONAL”, ungkap Arifin, tim penggerak jasa saat ditemui di akhir acara.

                Tindaklanjut dari kegiatan ini, akan diadakan pendampingan pelatihan secara keseluruhan hingga masyarakat memahami bahkan mengaplikasikan secara lagsung agar merasakan manfaatnya.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here