Rabu, 22 Juli, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) komisi empat Kabupaten Blitar, melakukan monitoring pariwisata di Kawasan Pantai Serang. Dalam kesempatan ini, juga di hadiri Perangkat Desa, BUMDes, Babinsa, Babinkamtibmas, Camat Panggungrejo, Kapolsek, Koramil, Satpol PP, Perhutani, Polhut beserta Dinas Pariwisata.

Tiba di lokasi sekira 11.40 WIB langsung melakukan pengecekan suhu tubuh, selanjutnya menuju Resto Omah Segoro. Dengan mencoba alat cuci tangan, anggota DPRD disambut Kepala Desa (Kades) Serang, Dwi Handoko.

“Kegiatan monitoring ini, perlu dilakukan khususnya memang komisi empat salah satu tugasnya dibidang kesehatan. Untuk penanganan Covid-19 kita juga ingin tahu sejauh mana Desa Serang, menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD),” ungkap Dr. Anik Wahyuningsih, M.Si. Salah satu anggota DPRD yang ikut dalam rombongan. Beliau juga menambahkan, pencegahan Covid-19 perlu dilakukan terutama Serang sebagai desa wisata. Desa Serang menjadi yang pertamakali dimonitoring, sejak di buka 4 Juli lalu. Dan saat ini, memasuki tahap percobaan selama satu bulan. Jika tidak terjadi kendala akan dilanjut ke bulan berikutnya.

“Tentu bagus, karena dari semua unsur pemerintahan selain eksekutif, agar semua pihak bisa mengetahui pelaksanaan protokol pariwisata tangguh yang ada dipantai Serang. Sebagai tanggung jawab kami, Pemdes Serang dan pengelola, Dinas Pariwisata serta Perhutani bersama-sama untuk mewujudkan dan melaksanakan rekomendasi dari tim Gugus Tugas Kabupaten Blitar,” ucap Kades Serang.

Dari perbincangan dengan Pemdes, DPRD juga memberi masukan terkait dengan kesiapan dari pengelola Pantai Serang. Dari mulai pintu masuk, pos kesehatan dan satgas di area wisata. Selain itu, semua elemen yang menggerakkan roda pariwisata diminta mengingatkan pengunjung atau pelaku usaha, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan SOP (Standar Operasional Prosedur).

Tujuan dari kegiatan ini memonitoring dan evaluasi agar setelah diterbitkannya rekomendasi dari Bupati, bisa melaksanakan semaksimal mungkin kesempatan yang telah di berikan.(PID-DI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here