Sabtu, 8 Agustus 2020, Pemerintah Desa Serang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan upacara Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, 17 Agustus 2020, di kawasan pesisir Desa Serang. Upacara tersebut rencananya dihadiri Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.

Rakor kali ini dilaksanakan tepat 10.00 WIB di Gazebo Edukasi Konservasi Penyu. Terletak di kawasan Pantai Serang sisi barat.

Dalam kesempatan kali ini Rakor dihadiri perangkat desa, BPD, BUMDes, Gapoktan, Muspika, BPP, LMDH, Kelompok Tani Hutan, Babinsa, beserta Babinkamtibmas Kecamatan Panggungrejo. Dwi Handoko, Kepala Desa (kades) Serang menyampaikan, Menteri Pertanian akan mengadakan Upacara 17 Agustus bersama petani didesa Serang. Dengan satu tujuan untuk menguatkan produktivitas dari lahan hutan kering menjadi hutan produktif.

“Salah satu tujuan Menteri Pertanian adalah ketahanan pangan, nantinya lahan-lahan yang tandus akan diselesaiakan bersama seluruh struktur yang ada, dan di jadikan lahan produktif pertanian. Dan juga akan ada penanaman jagung secara simbolis bersamaan penyerahan bibit jagung,” ungkapnya di awal pertemuan.

“Sangat luar biasa, untuk yang pertama kali, akan kedatangan Pak Menteri Pertanian yang cocok dengan kondisi lapangan yang ada, bahwa petani harus disejahterakan dengan memanfaatkan lahan kering atau tandus akan dikelola dengan baik yang akan berdampak kepada peningkatan perekonomian petani,” ungkap Kades dua periode ini.

Upacara dilaksanakan diarea hutan gundul, dan nantinya akan diproduktifkan kembali. Ada sekitar 400 Hektar lahan gundul dan tandus yang ada diwilayah perhutanan Desa Serang. Dan ini akan dijadikan hutan produktif guna memenuhi kebutuhan pangan rakyat.

“Hutan lestari masyarakat sejahtera, diharapkan dengan datangnya Menteri Pertanian, menjadi tolak ukur dan mengembalikan kondisi hutan lebat diwilayah Desa Serang, tapi tetap tidak mengenyampingkan masalah perekonomian masyarakat sekitar hutan,“ ucap Zanuar, Kepala Resort Pemangkuan Hutan Serang.

“Pemerintah Kecamatan Panggungrejo, mendukung penuh terkait pelaksanaan kegiatan Upacara 17 Agustus yang bertempat didesa Serang. Nantinya kami juga menunggu info lebih lanjut tentang pelaksanaan kegiatan,” tutur Surani, selaku kasi PMD Kecamatan Panggungrejo.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here