Penyampaian materi sosialisasi sadar hukum dan ketertipan masyarakat di Pendopo Kantor Desa Serang pada Kamis, 5 November 2020.

                Pada saat ini tingkat kejahatan sangat menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat. Peran serta masyarakat akan sangat berarti dalam mewujudkan kondisi suatu desa yang aman dan nyaman. Selain itu peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman sudah tercantum dalam batang tubuh undang-undang dasar 1945 pada bab XII Pasal 30.

                Sehubungan hal itu Pemerintah Desa Serang yang  bekerja sama dengan Muspika Kecamatan Panggungrejo menyelenggarakan sosialisasi sadar hukum dan ketertiban masyarakat. Dalam rangka penguatan kapasitas bagi Lindungan Masyarakat (Linmas) dan kelembagaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di dalam kemitraan membangun kemananan.

                Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 5 Nopember 2020, bertempat di pendopo kantor desa. Dalam kesempatan ini juga hadir, Suwito, S.Sos.MSi selaku Camat Panggungrejo, Kapolsek, Danramil yang di ikuti oleh BPD, Linmas dan perangkat desa.

                Menjadi kegiatan rutin setiap tahun, dalam upaya terwujudnya ketertiban lingkungan dan penguatan terhadap kesadaran hukum. Memberi paham  tata aturan hukum serta mekanisme di dalam proses perlindungan masyarakat juga ketertiban umum.

                Yang lebih penting materi yang disampaikan oleh Muspika dapat diterapkan. Dari sosialisasi ini Outputnya adalah terciptanya ketertiban dan keamanan di Desa Serang. 

                “Majunya sebuah desa berawal dari kesadaran masyarakat untuk tertib, saling melindungi di dalam konteks ketertiban dilingkungan masing-masing. Menerapkan norma-norma kearifan lokal, susila, keagamaan yang ada di masyarakat, maka akan tercipta sebuah tatanan  masyarakat maju lahir dan batin untuk desa kita,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang.

                Kedisiplinan, menjadi hal penting agar tercapainya ketertiban dan keamanan dalam membentuk masyarakat yang mengetahui peran dan fungsinya dalam menciptakan hidup bermasyarakat yang baik.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here