Baby lobster atau anak udang lobster adalah hewan yang tergolong jenis avertebrata air. Fisiknya berwarna putih. Jika sudah besar akan berwarna hijau kehitaman. Lobster memiliki capit yang kuat seperti kepiting. Habitat asli lobster berada di air tawar.

Nelayan pantai Serang, bukan hanya mencari ikan laut yang biasanya untuk oleh-oleh khas Pantai Serang, tetapi juga terdapat nelayan yang berkonsentrasi menangkap anakan lobster. Kini, menangkap anakan lobster menjadi trend tersendiri bagi nelayan. Karena pangsa pasar anakan lobster hingga ke manca negara.

Di Desa Serang terdapat dua titik yang biasanya di tempati gerombolan anakan lobster. Pertama, tentunya berada di Pantai Serang dan yang kedua, anakan lobster bisa kita jumpai di area kawasan tambak.

Penangkapan baby (anakan, red) Lobster ini dilakukan pada malam hari sekitar jam tujuh malam. Tidak berbagai suhu anakan Lobster mau terlihat. Pada musim dingin menjadi musim favorit anakan lobster, apalagi tidak pada saat terang bulan.
“Penangkapan biasanya dilakukan pada malam hari, sekitar jam 7 malam pada musim dingin, baby lobster ini kalau pada saat terang bulan tidak muncul. Musim-musim seperti ini muncul tetapi tidak terlalu banyak. Biasanya kalau banyak baby lobster itu ditandai dengan kabut yang berada diatas permukaan air,” ungkap Mesyadi, salah satu Nelayan kawakan di Desa Serang.

Teknis Penangkapan baby lobster ini tidak terlalu sulit, hanya butuh telaten untuk menjebak sasaran. Sedangkan, bila areal penangkapan ada di pantai, di gunakanlah perahu. Selain itu dilihat dari alatnya cukup mudah dijumpai. Seperti lampu, tali tambang, karung yang sudah dijahit lebar, dan pemberat (biasanya memakai batuan yang besar).

Biasanya penangkapan anakan Lobster dilakukan dua sampai tiga orang saja dalam satu perahu. Apabila terlalu banyak awak, biasanya ini berkaitan dengan hasil tangkapan. “Untuk musim-musim begini, rata-rata sekali jalan, kita hanya dapat 35 ekor,” urainya dengan nada santai. Dan, saat ini bukan musimnya anakan lobster. Kebanyakan Nelayan, memancing jenis ikan yang lain.

Dari segi pemasaran, pada musim seperti ini masih tergolong murah. Harga berkisar tujuh ribu per ekor. Sebelumnya bisa mencapai 15 ribu per-ekor. Khusus untuk nelayan Desa Serang, sudah memiliki agen sendiri yang menerima hasil tangkapan Nelayan.

Secara perekonomian, biasanya nelayan mencari baby lobster hanya sekedar sampingan. Karena sambil lalu untuk mencari ikan jenis lain yang agak di tengah.(NK-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here