Rabu, 19 Agustus 2020, Pemerintah Desa Serang menyalurkan bantuan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak covid-19. Kegiatan berlangsung jam 9 pagi di pendopo desa dengan menerapkan protokol adaptasi tatanan baru.

Ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Sekretaris Desa, Sukri. Paket JPS tersebut berisi beras, sambel pecel, masker, telur, minyak goreng dan roti. Setelah penyerahan simbolis, panitia yang bertugas membagikan kepada seluruh penerima sesuai data.

Lisdianto, Kasi pelayanan Desa Serang menyampaikan, bahwa bantuan program JPS tiba di balai desa pada Senin, 17 Agustus 2020 tepat setelah Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, “Sebenarnya bantuan ini tiba tempo hari, hari senin, tetapi karena bertepatan dengan hari kemerdekaan, akhirnya pembagian kita tunda setelahnya. Dan mohon, hal ini di maklumi oleh penerima bantuan. Karena juga membagi waktu dengan kesibukan di hari Kemerdekaan.”

Penyaluran ini merupakan tahap kedua. Diberikan kepada 112 Kepala Keluarga yang ada di Desa Serang. “Syarat warga yang berhak mendapatkan JPS antara lain, Keluarga Miskin (atau keluarga dengan anggota keluarga menyandang disabilitas, lansia dan PMKS) yang tidak termasuk mendapat Program PKH, BPNT, Bansos Kementrian Sosial, Program Bansos Kabupaten/Kota, BLT Dana Desa dan Kartu Pra Kerja,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang.

Selain itu pekerja yang terkena PHK, tanpa pesangon dan pekerja yang dirumahkan pemotongan upah secara signifikan, serta keluarga yang kondisi ekonominya di pandang terdampak dari covid-19 juga mendapatkan bantuan ini.

Mesenan, penerima JPS mengungkapkan, “Trimakasih kepada pemerintah telah membantu kebutuhan pangan, dalam masa pandemi ini. Semoga dengan adanya JPS, bisa meringankan beban kehidupan.”(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here