Sosialisasi persiapan penyelenggaraan kegiatan Posyandu di Era Aadaptasi Kebiasaan Baru, pada Kamis, 1 Oktober 2020, di Pendopo Kantor Desa Serang, oleh Inun Pujianto, Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Panggungrejo menggelar sosialisasi persiapan penyelenggaraan kegiatan Posyandu pada Kamis, 1 Oktober 2020, di Pendopo Kantor Desa Serang.

            Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (jaga jarak tempat duduk, cuci tangan dan menggunakan masker) kegiatan berlangsung dengan khidmat dan gayeng. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kegiatan posyandu yang dijalankan kembali di era adaptasi kebiasaan baru.

            Kegiatan di ikuti oleh Kepala Desa, semua Kader Posyandu Balita se-Desa Serang, Ketua PKK, Bidan Desa, serta  di pandu Promkes (Promosi Kesehatan) Puskesmas Panggungrejo dan Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. 

            “Selama masa pandemi kegiatan Posyandu sempat terhenti, sementara balita-balita harus tetap terpantau dan terlindungi. Dengan adanya sosialisasi  ini, diharapkan Posyandu berjalan kembali, tetapi dengan memperhatikan adaptasi tatanan baru,” tutur Inun Pujianto, Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

     Pelaksanaan Posyandu di era Pandemi Covid-19 ada beberapa komponen yang harus diterapkan antara lain, memakai masker, memakai face shield, mencuci tangan, menjaga jarak.  Selain itu waktu pelaksanaan, harus terbagi guna mencegah kerumunan. Pada saat  timbang berat badan balita, ibu diwajibkan membawa sarung timbang sendiri.

            Posyandu yang beroprasional harus dalam pengawasan tim gugus tugas ataupun Kepala Desa. Apabila wilayah setempat dalam zona merah posyandu tidak diperbolehkan beroperasi.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here