Kondisi Geografis

Karakter Lokasi dan Luas Wilayah

Desa Serang secara geografis terletak pada posisi 8°18′-23°35′ Lintang Selatan dan 112°13′-56°79′ Bujur Timur , merupakan salah satu wilayah terletak di Kabupaten Blitar bagian Selatan yang berada di wilayah pesisir Samudra Indonesia, secara administrasi Desa Serang berbatasan dengan :

  • Sebelah Utara: Desa Kalitengah
  • Sebelah Barat: Desa Ngadipuro Kec.Wonotirto
  • Sebelah Selatan: Samudera Indonesia
  • Sebelah Timur: Desa Kaligambir 

Jarak tempuh Desa ke ibu kota Kecamatan adalah 14km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten adalah 45km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1.5jam.      

Luas wilayah Desa Serang 744.5Ha , yang terbagi menjadi 3 (tiga) dusun yaitu Dusun Serang I, Dusun Serang II (Kedungkrombang, Grontol, Puthukrejo ), Dusun Serang III ( Klatak, Grobokan, Kedungbiru ).

Topografi

Desa Serang secara alamiah dilingkari oleh dua sungai disebelah utara sampai kebarat dilintasi oleh sungai Kaliklatak dan disebelah timur ke selatan Sungai Serang yang mengalir bermuara di Samudra Indonesia ,untuk wilayah utara (Dusun Serang II, Serang III) merupakan perbukitan bertanah kapur dan berbatu sehingga tanahnya tidak subur dan tandus sedangkan sebelah selatan (Dusun Serang I) merupakam dataran rendah yang tekstur tanahnya agak subur sehingga bisa ditanami tanaman pangan seperti padi namun hanya dengan mengandalkan air hujan.

Luas Wilayah 

Adapun Luas Wilayah Desa Serang adalah 744.5 Ha terdiri dari Sawah  seluas : 77.5 Ha, Tegalan seluas 270 Ha , hutan rakyat seluas : 185 Ha,   pemukiman seluas : 242 Ha dari luas keseluruhan wilayah tanah di Desa Serang.