Sebanyak 6.500 masker dibagikan gratis oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Serang melalui acara Gebrak Masker. Acara tersebut dilaksankaan kerjasama antara Pemerintah Desa Serang dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Serang. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Desa pada 28 September 2020. Gebrak Masker adalah gerakan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dikesempatan kali ini, Ketua PKK, Yuliatina didampingi Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menyerahkan masker secara simbolis kepada seluruh ketua RT, selanjutnya dibagikan kepada seluruh warga serang dengan criteria berusia tiga tahun ke-atas serta warga yang berdomisili di Serang.

Setiap orang nantinya akan mendapatkan dua masker secara cuma-cuma, namun tetap menyesuaikan dengan APBDes yang ada.

Setelah pembagian masker tersebut, warga diwajibkan memakai masker jika keluar rumah ataupun pada saat kegiatan bermasyarakat. “Dengan pemberian masker ke semua warga, nantinya tidak ada alasan lagi bagi masyarakat tidak menggunakan masker jika keluar rumah,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang. Jika tidak memakai maka akan dikenakan sanksi peringatan oleh Pemdes Serang.

Ribuan Masker tersebut, menghabiskan dana dari APBDes sebanyak Rp.22.880,000;-, dengan memberdayakan Usaha Kecil Mikro (UKM) yang bergerak di bidang konveksi di Kabupaten Blitar. Pemesanan masker diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah perekonomian bagi UKM.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here