Pelaksanaan perekaman KTP-el di kantor Desa Serang pada 22 Oktober 2020.

Kamis, 22 Oktober 2020,  Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, bersama Pemerintah Desa Serang menyelenggarakan DRIVE THRU dalam rangka mempermudah pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat.

                 Bertempat di Kantor Kepala Desa Serang. Dispendukcapil Kabupaten Blitar hadir dan di dampingi Muspika Kecamatan Panggunngrejo, Babinsa beserta Perangkat Desa.

                Drive thru merupakan trobosan dari Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Selain dekat dan praktis, layanan drive thru juga merupakaan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

                Pelayanan drive thru difokuskan kepelayan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), sementara itu kegiatan  ini merupakan perekaman perbantuan, dikarenakan disetiap hari selasa sudah dilaksanakan Jemput Bola Admistrasi Kependudukan di Kantor Kecamatan Panggungrejo. Hal ini terjadi untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pada tanggal 9 Desember mendatang.

                Banyak pemilih yang usianya sudah 17 tahun, namun belum mempunyai identitas khususnya KTP-el. Sementara itu untuk Pilkada harus memiliki KTP-el. Sekalipun Lansia yang jenis KTP-nya masih Reguler harus perekaman ulang dengan jenis KTP-el. KTP-el meliputi semua identitas seseorang mulai dari sidik jari, iris mata, tanda tangan dan foto wajah, hal ini yang mendorong kegiatan ini perlu dilaksanakan.

                “Perbedaan KTP Reguler dengan KTP-el adalah di dalam isinya. KTP Reguler isinya hanya data dan poto, sementara KTP-el disamping data dan poto didalamnya ada semacam flafdisk. Semisal berada di Bandara untuk beli tiket, KTP cukup ditempelkan di card reader dan semua data akan terdekteksi secar otomatis,” ungkap, Sunarko Kasi Inovasi Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Blitar.

                Layanan ini dilaksanakan dengan menggunakan mobil pelayanan adminduk. Adapun untuk yang bisa diurus meliputi ganti KTP rusak, hilang, salah data dan ganti status. Permohonan warga diproses oleh petugas dan satu minggu berikutnya berkas di distribusikan ke Kantor Kecamatan.

                “Antusiasme warga sangat luar biasa, ternyata masih masih banyak masyarakat yang belum mempunyai KTP-el dan ini dimanfaatkan oleh kaum milenial serta lansia agar tidak perlu jauh-jauh mengurus Administrasi Kependudukan di kantor Dispendukcapil Kabupaten Blitar,” tutur Kepala Desa Serang, Dwi Handoko.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here