Sosialisasi dan pendataan teknis, terkait dengan penambahan penerima bantuan PKH. Dilaksanakan di Aula Kantor Desa Serang pada Selasa, 19 Januari 2021.

                Selasa, 19 Januari 2021 Pemerintah Desa Serang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pendataan teknis, terkait dengan penambahan penerima bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH. Dilaksanakan di Aula Kantor Desa yang di ikuti oleh Kepala Desa, Kasi Pelayanan, Pendamping PKH, serta 23 calon penerima bantuan tambahan tahun 2021.

                Diperuntukan kepada keluarga miskin dan rentan yang mempunyai komponen anak sekolah atau anak pra sekolah. Ibu hamil atau menyusui, keluarga lanjut usia yang berusia 70  tahun, rentan serta disabilitas berat.

                 Pendataan ini, sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di data base masyarakat pra sejahtera di Desa Serang. Dalam prosesnya data diambil dari DTKS yang sudah di input sesuai dengan validasi yang telah dilakukan dalam Musyawarah Desa tahun 2020. Pada dasarnya data itu hasil dari validasi lapangan oleh petugas, RT, RW, Kepala Dusun kemudian di musyawarahkan melalui musyawah tingkat desa.

                Sebagai sebuah program bantuan sosial, PKH membuka akses keluarga miskin, terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya.

                Apakah bisa saya mengusulkan untuk menerima PKH? ”Sesuai dengan mekanisme yang ada ditingkat Dusun, bisa saja jika merasa pantas menerima dan mengusulkan diri, nanti kita usulkan divalidasi terlebih dahulu, jika memenuhi kriteria yang ada, maka bisa dimasukan kedalam DTKS,” ungkap Dwi Handoko, Kepala Desa Serang.(DI-PID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here